The Untold Story of Demam Berdarah

baru aja seminggu kemarin saya terkena penyakit gaul, debedee (ala-ala ababil kalo ngomong capedee).  hehe. penyakit ter-nge-betein yang pernah saya alami. entah berasal dari mana hasrat demam berdarah ini, padahal saya demam juga ngga pernah ada darahnya keluarluar.

tepat sehari setelah saya selesai ujian sp, bayangin ketika anak sekolah lain libur, saya ujian sendiri bareng temen-temen seperbegoan yang harus ngulang beberapa mata pelajaran biar tuntas nilainya. ini selesai UAS, planning udah nyebar kemana mana, niatnya hari itu juga mau nonton bareng temen, ternyata papa saya sakit, pas di cek eh kena demam berdarah. dasar nyamuk nakal! yaudah karna tau bokap masuk rumah sakit dan dirawat akhirnya saya milih jagain orang tua (bukan pencitraan). besoknya saya ditelfon sama temen dari stasiun tv ngajakin syuting bareng smash, gimana ngga nolak. akhirnya saya terima tawarannya, sekaligus saya persiapan materi buat hari rabu karna ada acara open mic komunitas sekolah. udah mateng nih ceritanya, besoknya saya gantian digigit nyamuk. kena deh debe. debedeee~ 

dulu saya sempet punya cita-cita masuk rumah sakit, biar apa? biar banyak yang jenguk, biar sekali-kali ada artis ikutan jenguk gitu. taunya pas saya sakit eh ngga ada yang jenguk, udah lama makin kritis ngga ada yang jenguk kasian banget. ya nggalah. ada, beberapa. 

malemnya padahal saya udah brainstorming, lempar nyobain materi jokes ke abang, tapi apa boleh buat. rasanya percuma kalo harus berdiam diri di rumah sakit. 

ngomongin db, ini adalah db pertama saya, dan ngga mau kena lagi. sekali kena rasanya kaya setaun ngga punya semangat idup. kampret ini virus mematikan banget. 

pertama kali tau kena db, syok. rasanya pengen tabok nyamuk demam berdarah terus penjarain bareng bareng. penyakit ngebetein yang pernah ada. gejala apa yang saya alami? panas di dalam tubuh udah ngalahin panasnya matahari radius satu meter, dan pusingnya ngga nahan. udah kaya ngga ada rasa pengen ngapa-ngapain lagi. semuanya udah brutal ditambah mual jadi ngga napsu makan. 

nyokap saat itu lagi di bandung, belom bisa pulang karna nanggung sekolahnya bentar lagi kelar. abang  saya yang satu masih di rs jagain bokap, jadi dirumah hanya saya dan abang yang satu lagi ditambah pacar abang yang masih di rs. saya diurusin sama dua makhluk yang super mulia sekali hatinya. saya langsung dibawa ke UGD RSPI, tapi karna penuh jadi saya waiting list (udah kaya mau nonton teater JKT48) saya ambil darah dulu, abis itu ke dokternya yang praktik. ngga lama saya masuk ke UGD. kemudian fix, dinyatakan saya debedee~ kampret. infus. saya benci. 

baru dapet kamar sekitar jam setengah 7an lah. mulai detik itu nafsu makan mulai kacau, badan panas turun, pusing, mual dan rasanya mau belah badan. mana pas malem mingguan lagi ngga asik banget. 

seminggu dirawat di rumah sakit, eneg. bosen, cape mau pulang. pas sampe rumah, bosen. kangen suster rumah sakit. kangen di cebokin. oke yang terakhir becanda. 

temen-temen saya pada berdatangan meskipun bisa diitung pake jari. hanya ada tiga teman yang menjenguk saya. yaudahlah nggapapa. ini lebih kaya pada mau jenguk nyokap dari pada saya, karna temen nyokap banyak banget. 

ngomongin dirawat, saya pengen bilang. masuk ICCU itu ngebeteinnya total. iya, saya mengalami masa kritis, dimana trombosit udah 9000 (sangat ngga normal) dan denyut nadi saya lemah banget. jadi para dokter menyarankan saya untuk dipantau lewat ICCU yang dimana ngga bisa dijenguk seenak dikamar. jam besuk ICCU itu bentar, dan orang tua pun ngga boleh lama-lama. serius pas nguping saya bakalan masuk ICCU saya nangis. nggatau. biar rame aja saya nangis. males aja gitu dimasukin ke ruangan yang saya ngga bisa ngapa-ngapain cuman bisa tidur, melek, mainin bel suster dan gitu terus sampe kelar. yang mau tau gambaran ICCU itu seperti apa, tempatnya kecil. saya lebih kaya dipenjara didalam rumah sakit. dua hari tinggal disitu, malem saya nangis. ngga papa, biar susternya ada kerjaan. kayanya gabut banget susternya. biar ada kerjaan saya pencetin aja belnya terus. kerjain bodo amat. 

ICCU juga ngga ada tv, masih VIP di kamar, ada tv, bisa begulingan karna diameter kasur yang lebih besar. sama bisa dijenguk berjam-jam, di ICCU ada TV, tapi dibelakang kepala. fungsinya? buat mengetahui berapa tensi saya dan denyut nadi saya. dan parahnya lagi disitu saya kaya mesin. badan saya ditempelin kabel, ini serius. ada 6 kabel yang disambungin ke beberapa bagian tubuh saya. sampe sekarang masih ada bekasnya. karna tangan sebelah kiri saya udah brutal penuh suntikan jadi itu tensi dipindahin ke kaki, jari saya dimasukin ke semacam alat entah apa namanya, untuk mengetahui denyut nadi saya. asli bikin ngga betah. 

yang jelas sakit demam berdarah itu ngga enak. mau dienakin kaya apapun tetep ngga enak. ada momen dimana tubuh kalian akan berubah jadi hellboy. ini serius. saya aja kaget bangun-bangun tangan kiri saya merah macam hellboy kebanyakan darah. ngga enak lah pokoknya dbd tuh. saya aja jadi ngga jadi syuting gegara sakit. 

kalo nyamuk orang mah udah saya tabok pake batu nisan, saya plastikin bareng-bareng biar saling gigit-gigitan itu nyamuk. biar ngerasain apa yang manusia rasain ketika dbd. ngeselin lah pokoknya. harusnya ada hukum pembunuhan nyamuk dbd raksasa. ibarat superman itu nyamuk udah jadi zodd yang berkuasa atas segala-galanya. harus dimusnahkan.

Keep In Touch with Me 

Twitter : @diaanacil
Instagram : @diaanacil
Ask.fm : @diaanacil
Snapchat : heecil18

Comments